cara membuat pembeli merasa nyaman

Cara Jitu Membuat Pembeli Nyaman di Tempat Jualan

Dalam bisnis dan berjualan, order yang berulang adalah hal yang penting untuk mendukung perkembangan bisnis yang berkelanjutan. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan ketika ingin membuat bisnis semakin dikenal luas.

Salah satu hal yang bisa membuat bisnis jualan Anda semakin digemari para pembeli yakni tempat yang nyaman. Maksud tempat disini bukan hanya bangunan, ruko atau lapak ya, tapi dimanapun Anda menjalankan bisnis Anda.

Kenyamanan ketika belanja adalah faktor yang membuat pembeli itu datang kembali, selain harga. Harga yang kompetitif memang menjadi faktor utama, namun, jika Anda bisa memberikan pelayanan terbaik, bisa jadi Anda mendapatkan pelanggan tetap.

 

Tips Membuat Pembeli Nyaman

 

  1. Sikap yang Ramah

 

Hal pertama tentunya adalah sikap ramah dari Anda sebagai penjual. Posisikan pembeli sebagai raja yang harus dilayani dengan sebaik-baiknya. Jangan marah ketika pembeli banyak bertanya dan meminta dicarikan barang. Tetaplah ramah dan terus melayaninya dengan sepenuh hati.

 

Sikap ramah bisa memberikan efek positif bagi pembeli yang hendak mencari toko langganan. Bisa jadi lhoh, toko Anda menjadi tempat langganan karena sikap Anda yang ramah. Tak sedikit toko-toko yang penjualnya tidak ramah, menjadi sepi pembeli.

 

  1. Fasilitas Lengkap

 

Jika Anda memiliki sebuah toko yang cukup besar misalnya seperti toko serba ada, fasilitas umum biasanya juga menjadi pertimbangan pembeli untuk datang. Misalnya fasilitas seperti toilet, ruang ganti dan lain sebagainya sebaiknya dilengkapi dan dirawat agar pembeli betah dan nyaman menggunakan.

 

Apalagi ketika menjelang momen lebaran, biasanya pembeli akan berlama-lama di toko untuk memilih barang yang cocok. Untuk itu, fasilitas seperti toilet, tempat ibadah dan lain sebagainya perlu disiapkan demi kenyamanan pelanggan.

 

  1. Banyak Variasi Produk

 

Ketika awal pergi ke toko, biasanya pembeli akan melihat apakah toko itu terlihat cukup banyak barang atau tidak. Kalau kelihatan lengkap, pembeli biasanya akan mendekat dan bertanya tentang barang yang sedang Ia cari.

 

Jika Anda memiliki modal lebih, jangan ragu untuk membelikan barang yang sekiranya dicari para pembeli dan bahkan Anda bisa memajangnya di gerai. Variasi produk yang banyak akan membuat pembeli nyaman untuk bebas memilih barang.

 

  1. Mampu Memberikan Saran

 

Sebagai penjual, tentu harus memiliki pengetahuan atas barang yang sedang dijual. Siapa sih yang mau beli kalau barangnya meragukan? Jika ingin pembeli nyaman ketika hendak membeli barang di tempat Anda, sebaiknya Anda menguasai hal hal yang berkaitan dengan produk.

 

Apabila pembeli tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan biasanya dia akan membatalkan niatnya untuk membeli. Ditambah lagi perasaan kecewa akan dirasakan pembeli karena tidak mendapat jawaban yang sesuai. Akhirnya, pembeli akan berpindah ke tempat lain.

 

  1. Tempat jualan yang terawat dan bersih

 

Banyaknya barang dagangan yang berada di tempat jualan, jangan sampai terlihat berdebu. Hal ini akan memengaruhi pembeli yang ingin membeli barang itu. Tempat yang bersih pastinya akan membuat nyaman dan pembeli betah.

 

  1. Ucapan Selamat Datang dan Terimakasih

 

Terdengar sederhana memang, namun dua hal ini menjadi cukup fatal kalau tidak Anda lakukan. Pembeli akan merasa senang apabila pertamakali masuk diucapkan selamat datang dan ketika keluar diucapkan terimakasih. Entah beli atau tidak, tetap berikan dua ucapan tersebut.

 

  1. Tidak Memaksa

 

Sebagai penjual, tentu ingin produknya terjual kan? Tetapi, jangan sampai hal ini membuat Anda seperti memaksa pembeli untuk segera membelinya. Misalnya memberikan tatapan yang membuat pembeli tidak enak dan akhirnya membeli barang tersebut. Memang dibeli, namun pembeli tersebut tidak akan datang kembali.

 

Nah, jika ikhtiar tersebut sduah Anda lakukan. Maka untuk mengoptimalkan hasilnuya, Anda bisa mengimbanginya dengan ikhtiar batiniah. Caranya yaitu dengan banyak berdoa kepada Tuhan. Atau bisa juga dengan sarana pelarisan dagang.

Untuk Anda yang ingin berkonsultasi terkait sarana pelarisan dagang, Anda bisa menghubungi Saya melalui nomer 081 686 1541